Senin, 16 September 2013

5 Tips in Creating Your Own Music

Buat kalian – kalian yang suka bermain alat musik dan mungkin punya impian untuk menciptakan sebuah lagu sendiri, ga perlu takut atau apa, yang jelas ekspresikan jiwa bermusik kalian dengan jiwa yang kalian punya, berikut ini beberapa tips dasar untuk menciptakan sebuah lagu:




1. Tentukan dahulu genre dari lagu yang ingin anda buat
Hal ini perlu dilakukan agar kalian bisa menentukan kemana arah lagu yang akan anda buat, misalnya kalian ingin membuat lagu rock, maka dengan menentukan genre lagu terlebih dahulu makan sahabat sekalian bisa memiliki pandangan tentang lirik, isi, aransemen , dan jenis chord yang nantinya akan di buat.

2. Menentukan tema lagu yang akan anda buat 
Tema lagu sangat penting di tentukan untuk membuat lirik yang nantinya akan dibuat sebuah lagu, tentukan tema lagu kalian yang sesuai dengan jenis aliran genre lagu yang akan kalian buat, misal tema lagunya adalah patah hati dan akan dibangun dengan genre lagu punkrock yang penuh dengan distorsi, karena patah hati yang dinyanyikan dengan genre keras akan membuat si pendengar yang sedang patah hati ikut mengalir dengan deretan distorsi yang keras. Atau bisa juga di buat dengan genre pop yang lemah lembut, sehingga si pendengar yang sedang patah hati akan ikut meresapi dan akhirnya terbuai dengan alunan nada dan lirik lagu tersebut alias melankolis banget hehehehe….nah itu trik kedua.

3. Membuat lirik
Nah langkah ketiga ini sangatlah penting, ini bisa menjadi nyawa dari sebuah lagu, yaitu coretan lirik yang kuat dan bermakna. Usahakan membuat lirik yang mudah di pahami masyarakat, berisi, bermakna, dan mempunya pesan yang positif. Misal lirik lagu patah hati, usahakan lirik lagu ini bisa menimbulkan semangat bagi orang – orang yang mendengar lagu ini nantinya, sehingga bisa menjadi penyemangat bagi orang yang sedang patah hati, sebagai contoh lirik ari lasso seperti ini, jelas lirik ini membuat sang pembaca maupun sang pendengar lagu itu ikut terbuai dan menjadi kembali bersemangat ,karena lirik tersebut mengandung kekuatan untuk menjadikan sang pendengar ikut memahami makna dari lirik tersebut.

4. Buat chord untuk lirik yang telah di buat
Langkah ke empat ini adalah jantungnya sebuah lagu. lirik sebagus apapun jika di aransemenkan dengan chord yang tidak harmony maka akan kedengaran kurang enak di telinga, usahakan membuat chord dengan baik. Anda bisa mencoba coba sendiri Chord yang akan kalian buat dengan berbagai variasi chord. usahakan dalam mencari chord ini menggunakan gitar atau alat musik bermelody yang anda kuasai. Sebagai contoh chord menggunakan alat musik gitar bisa di klik disini. kombinasikan chord gitar tersebut dengan lirik yang anda buat agar tercipta sebuah nada chord yang enak di dengar dan sesuai dengan genre lagu yang anda buat.

5. Aransemenkan chord dengan berbagai jenis alat musik
Ini adalah tips untuk anda yang sudah memiliki band. lagu dengan lirik dan chord yang telah anda buat bisa di aransemen dengan berbagai jenis alat musik, dalam hal ini secara umum di aransemenkan dengan gitar,bass,drum.keyboard, dan vokal. lalu berdiskusilah dengan grup band anda tentang aransemen tersebut,padukan semua aransemen sehingga menciptakan lagu yang enak didengar dan selaras dengan permainan skill grup band anda. Jika anda sudah puas dengan aransemen anda, maka tidak menutup kemungkinan lagu yang anda ciptakan bisa berlanjut ke arah recording...........

Semoga bermanfaat...


Love this quote :
"I DON'T MAKE MUSIC FROM EYES. I MAKE MUSIC FROM EARS."
                                                                                                      -Adele 



1 komentar:

  1. Shalom.. izin share blog saya tentang lirik dan chord lagu rohani kristen http://lirik-lagu-rohanikristen.blogspot.com/

    Tuhan Berkati.

    BalasHapus